WALIMATUL KHITAN

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَمَرَنَا بِاتِّبَاعِ مِلَّةَ إِبْرَاهِيْمَ حَنِيْفًا، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ نِالنَّبِيِّ الْمُصْطَفَى، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَهْلِ الصِّدْقِ وَالْوَفَى. أَمَّا بَعْدُ.
حَضْرَةَ الْمُكَرَّمِيْنَ para Ulamaul Alimin. Khususnya Para bapak Kiyai yang kami mulyakan, sahabat-sahabat dan hadirin sekalian yang kami hormati.
Alhamdulillah, pada kesempatan ini kita bisa bertemu, berpadu dan bersatu disini majelis dalam rangka menghadiri walimatul khitan, yaitu khitannya bapak H. Muhsin yang bernama saudara Usman. Dan marilah kita do’akan mudah-mudahan adik Usman yang baru dikhitankan ini segera diberi kesembuhan oleh Allah SWT sehingga segera dapat melaksanakan tugas-tugas atau kegiatan sehari-harinya, seperti mengaji, belajar, sekolah dan lain sebagainya. Dengan harapan kelak dapat menjadi anak yang sholeh berguna bagi nusa dan bangsa. Amiin!
ثُمَّ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ اَنِ اتَّبِعْ مِلَّةَ إِبْرَاهِيْمَ حَنِيْفًا. الأية

Artinya:
Dan kami wahyukan kepadamu (Muhammad), ikutilah agama Nabi Muhammad.
Para hadirin sekalian!
Disamping hikmah dari pada khitan yang paling pokok yaitu untuk menghilangkan sisa-sisa najis atau kotoran yang melekat di pucuk dzakar atau penis, tanpa dikhitan najis-najis tidak dapat dihilangkan.
Maka dari itu dapat kita simpulkjan bahwa khitan itu hukumnya wajib. Didalam kita b ushul fiqih dijelaskan:
كُلُّ مَايُتَوَصَّلُ بِهِ اِلَى الْوَاجِبِ فَهُوَ وَاجِبٌ.
Artinya:
Semua perkara yang dibuat lantaran untuk melaksanakan perkara wajib, maka hukumnya pun wajib.
Para hadirin yang berbahagia!
Masih banyak lagi hikmah-hikmahnya khitan yang perlu dijelaskan secara logis. Sebagian saja diantaranya:
1.    Pertama, khitan itu menyebabkan orang menjadi berjiwa pemberani (kendel, bhs. Jawa). Buktinya orang-orang dahulu pada waktu Indonesia ini masih dijajah Belanda dan Jepang, orang-orang yang berani melawan dan mengusir para penjajah tidak lain adalah orang-orang yang sudah sunat (khitan). Sementara itu yang belum khitan semua belum berani.
2.    yang kedua, khitan itu menimbulkan kesehatan, menjauhkan penyakit karena najis dan kotoran yang ada pada pucuk dzakar itu apabila tidak dikhitan bisa menimbulkan penyakit.
3.    yang ketiga, khitan itu agar payu rabi (bhs. Jawa), karena gadis-gadis atau perawan-perawan itu kalau akan dinikah oleh orang yang belum khitan tentu tidak mau, malah-malah perawan itu mengejek “ wong suat ae durung kok arep rabi to le....le.... emoh aku”.
4.    yang keempat, khitan itu bisa menyebabkan ketinggian derajat seseorang. Buktinya, para tokoh kita, para bapak kyai dan para pejabat kita semua bisa mempunyai derajat yang tinggi lantaran mereka semua sudah sunat atau khitan. Tanpa khitan tidak mungkin mereka jadi pak kyai.
5.    yang kelima, khitan itu bisa menambah nikmatnya hubungan seksual. Seperti halnya maka pisang yang sudah dikupas kulitnya dan sebelum dikupas kulitnya, tentu lebih enak yang sudah dikupas kulitnya.
Para hadirin sekalian!
Demikianlah sekedar uraian tentang khitan yang dapat kami sampaikan, semoga ada manfaatnya. Dan sekali lagi marilah kita berdo’a semoga adik Usman yang baru dikhitan ini segera sembuh dan semoga keelak bisa menjadi anak yang taat kepada Allah SWT, taat kepada Rosulullah SAW dan taat kepada kedua orang tuanya dan bisa berguna bagi agama, bangsa dan negara. Amin..!
Sekian kurang lebihnya kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.
وَبِاللهِ التَّوْفِيْقُ وَالْهِدَايَةُ
وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ

comment 0 komentar:

Poskan Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© K4ng Thowil | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger
back to top