Cara membuat eBook via PDF Printer Driver

Diantara pilihan format eBook tentu masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, kadang pilihan ini membuat bingung calon penulis ebook. Contoh format eBook yang biasa digunakan diantaranya Adobe PDF, Executable (Exe), Plain Text (ASCII), Microsoft Word (doc) dan RTF, HTML dan XML , Help (Hlp). Dari beberapa pilihan format eBook diatas, format PDF lah yang paling banyak digunakan. Penasaran pengen belajar cara membuat eBook via PDF Printer Driver?

Cara Membuat Berkas PDF

Tidak ada teknik khusus dalam pembuatan berkas PDF, ini yang membuat saya berpikir ulang untuk membuat tutorialnya secara lengkap..tanpa saya ajaripun anda pasti bisa membuatnya. Untuk membuat Berkas PDF anda hanya perlu menggunakan software pengolah kata "word processor" yang sudah ada dalam kumputer anda (notepad, wordpad, MS word) dll. Membuat berkas PDF sama saja dengan anda membuat document di MS Word, anda tinggal menulis dan hasilnya tinggal dicetak ke format PDF. Prinsip kerja membuat berkas PDF terbilang sederhana, yang anda butuhkan hanya "Printer Driver" yang terinstall di kompuer anda. Untuk mengistall "Printer Driver" saya sarankan anda menggunakan PDF995 dan Tiny PDF.

Belum puas dengan "Printer Driver" diatas? Anda bisa menggunakan Software PDF Converter pilihan yang biasa saya gunakan:

Adobe Acrobat Professional

Sampai saat ini belum ada PDF compiller sebagus Adobe Acrobat Professional, sayang harganya terbilang mahal, saya sendiri sebenarnya menggunakan software ini. Kelengkapan dan kemudahan mengedit berkas PDF dengan Adobe Acrobat Professional belum pernah saya temukan pada software lainnya. Beberapa fasilitas penting dari software ini yaitu kemudahan membuat penandaan halaman (bookmark) dan kemudahan melakukan proteksi berkas PDF.



Tomahawk PDF+

Jika Adobe Acrobat Professional cukup menguras kantong anda, saya sarankan anda menggunakan software satu ini Tomahawk PDF+. Tools gratis yang tidak kalah fasilitasnya, bahkan saya katakan tools ini merupakan PDF Compiller gratis terbaik. Kelebihan Tomahawk PDF+ yang jelas memiliki text editor sendiri. anda bisa download disini



Free PDF Convert (PDF Converter)

Convert MS Office, Images, Web Pages, Vector Graphic Formats files to PDF.
Jika anda membutuhkan layanan Online untuk membuat eBook dengan format PDF anda bisa menggunakan Free PDF Convert. Cara mengunakannya cukup mudah, pertama anda buat dulu sebuah documen (misalkan MS WORD) kemudian tinggal di upload dan layanan ini akan melakukan proses konversi dokumen anda ke berkas PDF. Untuk aplikasi yang digunakan di desktop  anda bisa download softwarenya disini . Layanan ini sebenarnya sudah di pernah diulas oleh rekan blogger Cosa Aranda bisa anda baca disini. (thanks untuk Mas Cosa)



Natata eBook Compiller

Selain format PDF, format yang banyak digunakan salah satunya Executbale (exe).  Untuk membuat eBook dengan format (exe) sesuai saran suhu Iwan free-7.net yaitu menggunakan Natata eBook Compiller (thanks iwan). Namun format exe kadang memiliki kekurangan karena lebih rentang disusupi virus dan sejenisnya. Software-nya bisa anda download disini.



Sebenarnya masih banyak tools untuk PDF Converter, anda bisa mencari sendiri di Google :) Semoga tools diatas bisa memudahkan anda membuat eBook, salam.

sumber: http://www.o-om.com/2008/06/cara-membuat-ebook-via-pdf-printer.html

comment 0 komentar:

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© K4ng Thowil | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger
back to top