PEMBERANGKATAN JENAZAH

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ
اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِى خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ اَيُّكُمْ اَحْسَنُ عَمَلاً، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ أَفْضَلِ الْخَلْقِ عَمَلاً، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ صَلاَةً وَسَلاَمًا جَزِيْلاً. أَمَّا بَعْدُ: إِنَّا ِللهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ
Para bapak, para ibu, hadirin sekalian yang kami hormati!
Kami berdiri disini mewakili bpak H. Yasin sekeluarga menerima musibah dari Allah yaitu wafatnya ayahnya yang bernama mbah Sholeh. Kami mengucapkan ribuan terima kasih kepada para hadirin sekalian yang berbela sungkawa ikut memandikan, mengkafani dan mensholati jenazah dan lainnya.  Dan kami disini tidak dapat membalas dengan sesuatu apapun atas kebaikan budi para bapak dan hadirin sekalian, hanya saja kami dapat mendo’akan:
جَزَاكُمُ اللهُ اَحْسَنَ الْجَزَاءِ.
Semoga Allah SWT yang membalas budi baik para hadirin sekalian dengan kebaikan balasan yang melimpah. Amin.
Para bapak, ibu hadirin sekalian!
Selanjutnya mari kita do’akan semoga arwah almarhum mbah Sholeh diterima disisi Allah, diterima semua amal baiknya dan diampuni semua dosanya dan dilapangkan alam kuburnya. Amin. Dan semoga anak cucu serta semua keluarga yang ditinggalkan selalu diberi ketabahan dan kesabaran oleh Allah sehingga dapat meneruskan cita-cita dan perjuangannya.
Para hadirin yang berbahagia!
Perlu kami sampaikan bahwa selama mbah Sholeh masih hidup nampaknya mbah Sholeh ini termasuk orang berbudi baik, tidak pernah membikin resah terhadap keluarga dan tetangga kanan kirinya namun disini masih perlu kami ikrarkan para hadirin sekalian, bahwa jenazah mbah Sholeh ini termasuk jenazah yang baik apa baik? Baik apa jelek? Sekali lagi baik apa jelek? Terima kasih
اَنْتُمْ شُهَدَاءُ عَلَى اللهُ فِى اْلأَرْضِ.
Para hadirin sekalian, yang terakhir barangkali mbah Sholeh ini punya hubungan haq adam kepada hadirin sekalian, misalnya hutang piutang atau janji-jani yang lain kami minta untuk dihalalkan tapi seandainya haq itu berat untuk dihalalkan kami mohon untuk bermusyawarah dengankeluarga atau para ahli waris, agar keberadaan mbah Sholeh didalam kubur tidak menanggung beban yang berat.
Kiranya sekianlah dari kami, kurang lebihnya kami mohon maaf. Dan mari jenazah kita berangkatkan dengan membaca kalimah Toyyibah, sekian.
وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ
لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ. لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ. لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ

comment 0 komentar:

Poskan Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© K4ng Thowil | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger
back to top