Membersihkan MSConfig Secara Manual

CleanUp MSCONFIG
Seperti yang kita tahu, MSCONFIG dari Operating System Microsoft Windows adalah jalan untuk menghapus atau mendisable program - program dari OS tersebut yang akan dijalankan pada saat Windows startup. Ini pasti akan berpengaruh terhadap loading Windows pada saat berjalan pertama kali (start up).


Ketika anda meremove suatu program dari daftar list MSConfig, anda akan merasakan perbedaan (kecepatan )pada komputer anda dengan kondisi sebelumnya setelah anda restart. Namun bila anda tidak merasakan perbedaan tersebut, kemungkinan PC anda terserang virus sangatlah besar. Selain itu, bisa jadi anda sudah me-uninstalprogram yang telah uninstal dari MSConfig sebelumnya, dan program tersebut belum sepenuhnya terhapus dari sistem anda. Jalan terbaik untuk menjaga hal tersebut tidak terulang atau tidak akan pernah terjadi adalah dengan membersihkan MSConfig anda, atau orang jauh disana menyebutnya CleanUp MSConfig.


Daftar program/ isi (Entries) dari MSConfig dalam komputer anda bisa dilihat dari, beberapa lokasi dalam registry editor anda berikut ini;
  • HKEY_LOCAL_MACHINE >> Software >> Microsoft >> Windows >>CurrentVersion>> Run
  • HKEY_CURRENT USER >> Software >> Microsoft >> Windows >>CurrentVersion>> Run
  • HKEY_CURRENT_USER >> Software >> Microsoft >> Windows NT >>CurrentVersion>> Run
  • HKEY_CURRENT_USER >> Software >> Microsoft >> Windows NT >>CurrentVersion>> Load
Dan program (entries) yang telah di-disabled terletak di
  • HKEY_LOCAL_MACHINE >> Software >> Microsoft >> Shared Tools >>MSConfig>>startupreg
  • HKEY_LOCAL_MACHINE >> Software >> Microsoft >> Shared Tools >>MSConfig>>startupfolder
Untuk menghapus program (entries) tersebut anda dapat masuk ke regedit.exe dengan jalan termudah melalui menu program RUN dan lihat pada bagian tersebut. Untuk diingat, anda jangan lupa untuk membackup Registry anda sebelum mengedit dan menyimpan hasil modifikasi anda. Dengan begitu, bila terjadi kesalahan, anda dapat mengembalikan ke bentuk semula.

Bila anda tidak terlalu yakin dengan apa yang anda lakukan, coba lakukan hal berikut;
  • Buka MSCONFIG dan klik pada tab Startup
  • Buka Regedit dan tuju ke HKLM >> Software >>Sharedtools>> MSCONFIG
  • Bandingkan item entries yang ada pada Registry Key pada Folder/ bagian Startupreg dengan yang ada dalam daftar tab StartUp MSConfig.
  • Buang atau delete item/entries yang tidak valid pada Registry Editor.
Sekali lagi, ingat, anda haru membackup Registry anda sebelum melakukan langkah - langkah diatas. Namun, bila anda tetap ragu, anda dapat mendownloadsoftware pembantu lain (pihak ketiga) untuk mengatasi masalah hal tersebut. Dan berhati - hatilah dalam memilih software, karena beberapa mengandung virus ataupun trojan yang bisa membahayakan keberadaan komputer anda.

Source : http://lembar-coretan.blogspot.com/2010/04/msconfig-cleanup-membersihkan-msconfig.html

comment 0 komentar:

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© K4ng Thowil | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger
back to top